TEKNIK DASAR MENGEMUDI

 

Dalam Kita memepelajari taknik mengemudi, tentu yang terbayang adalah yang tersulit yang kita hadapi di jalan raya (pada saat mengendara). maka dari itu saya akan memaparkan teknik-teknik dasar dari mengemudi;

Latihan Mengemudi Dengan Mempertahankan Kestabilan Kecepatan. Ikutilah arus lalu lintas, Usahakan agar saat melewati tanjakan atau turunan, kekuatan kaki dalam menginjak gas tetap sama. tujuannya agar kecepatan kendaraan selalu stabil.
Latihan Menginjak Rem. Terlebih dahulu tentukan titik di mana kita akan berhentikan kendaraan, ini untuk mempertahankan tekanan kaki pada pedal rem, hingga bisa menghentikan mobil pada titik berhenti yang di targetkan.
Latihan Accel Work. (mengatur gas, mobil stasioner). Injak pedal gas lalu hentikan tepat pada jumlah putaran yang di targetkan sendiri, sambil melihat tachometer. tapi bukan di adjust setelah overshoot (baru di sesuaikan setelah RPM terlanjur lewat dari target). tujuannya saat menginjak atau melepas pedal gas, sebisa mungkin pas dengan jumlah putaran sebelumnya.
Latihan Menggerakan Setir (Mobil stasioner). ZDongkrak sedikit bagian depan, lakukan lock to lock (kondisi di mana ban bisa bergerak ke kiri atau ke kanan secara maksimal). gerakan setir ke kanan dan ke kiri, tujuannya adalah untuk selalu dapat mengukur sejauh mana kita telah menggerakan setir dengan mengembalikan posisi ban ke posisi netral.
Latihan Merasakan Posisi Ban. Tetapkan suatu benda yang menjadi target, misalnya; batu kecil atau kaleng kosong dsb. lindas dengan ban yang kita tentukan sendiri, tapi lakukan latihan ini dengan hati-hati, karena bisa menyebabkan benda yang kita lindas tidak bisa kita prediksi akan terlempar ke arah mana, jangan sampai mengenai orang, benda, atau kaca mobil milik orang lain.

Teknik Menikung Ke Kanan/ Ke Kiri Berlaku Sebaliknya
Sampai tikungan makin dekat besaran gas jangan berubah, pinggirkan mobil sampai mepet batas sebelah kiri, kemudian mulai menginjak rem, tarik rem kurang lebih 1cm, banting setir perlahan ke kanan, masukan giginya , jika tidak ada mobil dari arah berlawanan. lepas pedal remnya, kalau gravitasi samping suadah meredah, turunkan ke gigi 2 jangan terburu-buru, selanjutnya langsung buka penuh gas, segera naikan ke gigi 3 dan seterusnya.
Di tikungan rem jangan di lepas semua, tenaga saat nginjak rem harus stabil, belokan kemudi dengan luwes. rasakan tenaga saat mobil akan belok, lepas pedal rem, gas perlahan, jika jalan di depan tidak ada kendaraan lain, lanjutkan gas penuh.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: