Transmisi yang digunakan di motor berjenis slidingmesh. Sesuai dengan namanya cara kerja dari transmisi
ini yaitu bergeser. Apa yang bergeser ? Tentu saja roda gigi yang dipilih. Berbeda dengan jenis transmisi
yang digunakan oleh mobil yang berjenis syncromesh (lebih jelas mengenai transmisi mobil dibahan di thread
Pa Bapuks http://www.otomotifnet.com/otoforum/…ead.php?t=1293).
Alasan digunakan jenis slidingmesh, karena konstruksi yang sederhana sehingga tidak menyita tempat yang luas

Sebelum membahas cara kerjanya kita perhatikan dulu komponen-komponen yang digunakan. 

Gambar di atas adalah transmisi shogun 125.

1 SHAFT, COUNTER (NT:11) 
2 GEAR, 2ND DRIVE (NT:14) 
3 GEAR, 3RD DRIVE (NT:17) 
4 GEAR, 4TH DRIVE (NT:19) 
5 WASHER, 2ND DRIVE 
6 BEARING, COUNTER LH 
7 CIRCLIP, 3RD DRIVE 
8 BEARING, COUNTER RH 
9 SHAFT, DRIVE (NT:25) 
10 GEAR, 1ST DRIVEN (NT:32) 
11 GEAR, 3RD DRIVEN (NT:22) 
12 GEAR, 4TH DRIVEN (NT:20) 
13 WASHER, 1ST DRIVEN 
14 BEARING, DRIVE SHAFT LH 
15 BEARING, DRIVE SHAFT RH 
16 SEAL, DRIVE SHAFT 
17 CIRCLIP, 4TH DRIVEN 
18 RETAINER, COUNTERSHAFT BRG 
19 SCREW, COUNTER SHAFT 
20 SPROCKET, ENGINE (NT:14) 
21 PLATE, ENGINE SPROCKET 
22 CHAIN ASSY, DRIVE (RK-428) 
23 BOLT, ENGINE SPROCKET 
24 PLATE, ROTARY STOP 
25 WASHER, ROTARY WAVE 
26 CIRCLIP

Dalam transmisi jenis ini ada roda gigi yang dapat bergeser (no.11 dan no.4). Roda gigi ini ikut berputar dengan porosnya.
Dan tidak dapat bergeser (no. 1,2,3,10,12 dan 9).Yang tidak dapat bergerak dibagi menjadi dua lagi;
yang ikut berputar dengan porosnya (no. 1, dan 9) dan yang tidak ikut berputar dengan porosnya. 

Supaya roda gigi dapat meneruskan putaran dari poros input ke poros output, maka ketika bergeser dan menempel
pada roda gigi pasangan dibentuk sedemikian rupa suatu tonjolan dan lubang tempat tonjolan yang disebut dog-teeth dan dog-hole
supaya kedua roda gigi tersebut dapat berputar bersama-sama.

BY_AGIEB”Z